Menjaga Agar File Excel Tidak Dapat di Distribusikan

Mungkin kita mempunyai file Excel yang inginnya hanya dapat dibuka oleh user tertentu, dan kita tidak ingin file Excel tersebut di distribusikan oleh user lain yang tidak berhak. Untuk mewujudkan hal ini, silahkan dicoba beberapa langkah sebagai berikut:


1. Klik menu File à Permission à Do Not Distribute. Jika pada PC Anda belum di install Information Rights Management (IRM), maka Anda akan diminta untuk download dan install terlebih dahulu. Klik tombol Yes untuk download. Setelah sukses, silahkan install terlebih dahulu file yang sudah Anda download tersebut.



2. Pada kotak dialog Permission, pilih radio button “Yes, I want to sign up for …”. Sebelumnya, Anda harus mempunyai .NET Passport untuk menggunakan fasilitas ini, dan harus terhubung ke internet. Klik tombol Next.


3. Pilih pihan “Yes, I have a .NET Passport”. Klik tombol Next.


4. Masukan alamat email dan password Anda.



5. Masukan alamat email Anda. Alamat email ini harus sama dengan alamat email .NET Passport Anda. Jika tidak, maka akan mjuncul peringatan sebagai berikut:



6. Jika sukses, pilih Standard.



7. Maka proses akan segera berlangsung. Tunggulah sekitar 2 hingga 5 menit.


8. Klik Finish.


9. Maka kita akan kembali lagi ke file Excel, dengan adanya tampilan sebagai berikut:



10. Beri tanda centang pada pilihan “Restrict permission to this workbook.”, lalu isi user name sesuai dengan alamat mailbox Anda yang terdaftar.



11. Anda bisa juga klik tombol More Options untuk pilihan security yang lebih advance. Jika sudah selesai, Klik OK. Maka file Anda sekarang sudah tidak bisa di distribusikan kepada user lain yang tidak berhak.

2 komentar:

lyws mengatakan...

cool & ok gan..

Anonim mengatakan...

terima kasih atas sharing ilmunya, ngomong2 ada gak microsoft menjual versi office yang bisa digunakan secara multiuser secara penuh? terimakasih