Tugas dasar di Microsoft Excel 2013

Sebelum belajar microsoft excel 2013, pem-belajar excel- harus tahu perintah atau  tugas dasar di microsoft excel 2013. Excel merupakan alat yang luar biasa kuat untuk mendapatkan pemahaman dari data yang sangat besar. Namun juga berfungsi baik untuk penghitungan sederhana dan pelacakan hampir dari sebagian besar informasi. Kunci untuk membuka semua kemungkinan adalah kisi sel. Sel bisa berisi angka, teks atau rumus. Anda meletakkan data di sel dan grup Anda dalam baris dan kolom. Hal itu memungkinkan Anda menambahkan data Anda, mengurutkan dan memfilternya, meletakkan dalam tabel, dan menyusun bagan yang bagus. Mari kita masuk ke langkah dasar agar Anda mulai menggunakannya.

Membuat buku kerja baru

Dokumen Excel disebut juga buku kerja. Setiap buku kerja mempunyai lembaran (worksheet), biasanya disebut lembar bentang. Anda bisa menambahkan sebanyak mungkin lembaran yang yang Anda inginkan untuk buku kerja, atau Anda bisa membuat buku kerja baru untuk mempertahankan data Anda tetap terpisah. Cara membuat buku kerja baru di excel:
1.        Klik File > Baru.

2.        Di bawah Baru, klik Buku kerja kosong.

Memasukkan Data di Excel

1.      Klik sel kosong. Sebagai contoh, sel A1 pada lembar baru.
Sel direferensikan oleh lokasinya di baris dan kolom pada lembaran, jadi sel A1 berada pada barus pertama kolom A.
2.      Ketik teks atau angka di sel.
3.      Tekan Enter atau Tab untuk berpindah ke sel berikutnya.

Menggunakan JumlahOtomatis untuk menjumlahkan data Anda


Ketika Anda telah memasukkan angka di lembaran, mungkin Anda ingin menjumlahkannya. Cara tercepat untuk melakukan hal itu adalah dengan menggunakan JumlahOtomatis.
1.      Pilih sel di sebelah kanan atau di bawah angka yang ingin Anda jumlahkan.
2.      Klik Beranda > JumlahOtomatis, atau tekan Alt+=.
JumlahOtomatis menjumlahkan angka dan memperlihatkan hasilnya di sel yang Anda pilih.

Membuat rumus sederhana
Menambahkan angka hanyalah salah satu hal yang bisa Anda kerjakan, namun Excel juga bisa melakukan perhitungan matematika yang lain. Coba beberapa rumus sederhana untuk menambah, mengurangi, mengalikan atau membagi angka Anda.
1.        Pilih sel dan ketikkan tanda sama dengan (=). Hal itu akan memberitahu Excel bahwa sel ini akan berisi rumus.
2.        Ketikkan kombinasi angka dan operator perhitungan, seperti tanda tambah (+) untuk penjumlahan, tanda minus (-) untuk pengurangan, tanda bintang (*) untuk perkalian, atau garis miring (/) untuk pembagian.
Sebagai contoh, masukkan =2+4=4-2=2*4, atau =4/2.
3.        Tekan Enter. Hal tersebut menjalankan penghitungan.
Anda juga bisa menekan Ctrl+Enter jika Anda ingin kursor tetap berada di sel aktif.

Menerapkan format angka
Untuk membedakan antara tipe angka yang berbeda, menambahkan format seperti mata uang, persentase, atau tanggal.
  1.  Pilih sel yang mempunyai angka yang ingin Anda format. 
  2. Klik Beranda > Panah di sebelah Umum
  3. Memilih format angka 

Jika Anda tidak melihat format angka yang Anda cari, klik Format Angka Lainnya.


Meletakkan data di tabel­

Cara sederhana untuk mengakses kemampuan Excel yang banyak adalah meletakkan data Anda di tabel. Hal itu memungkinkan Anda memfilter atau mengurutkan data Anda secara cepat untuk permulaan.
1.            Pilih data Anda dengan mengklik sel pertama dan menyeretnya ke sel terakhir di data Anda. Untuk menggunakan keyboard, tekan tombol Shift saat Anda menekan tombol panah untuk memilih data Anda.

2.            Klik tombol Analisis Cepat di sudut kanan bawah pilihan.

3.           Klik Tabel, pindahkan kursor Anda ke tombol Tabel jadi Anda bisa melihat tampilan data Anda. Jika Anda suka dengan tampilannya, klik tombol. 
4.           Sekarang Anda bisa bermain dengan data Anda: Filterlah untuk melihat data yang Anda inginkan saja, atau urutkan untuk mulai dari, katakan dari yang terbesar sampai terkecil.  Klik panah Panah filter turun bawah di judul kolom tabel.
5.           Untuk memfilter data, hapus centang kotak Pilih Semua untuk membersihkan semua tanda centang, lalu centang kotak data yang ingin Anda perlihatkan di tabel Anda.
6.           Untuk mengurutkan data, klik Urutkan A sampai Z atau Urutkan Z sampai A.

Memperlihatkan total angka Anda


Alat Analisis Cepat memungkinkan Anda menjumlah total angka Anda dengan cepat. Apakah ini berupa penjumlahan, rata-rata, atau perhitungan yang Anda inginkan, Excel memperlihatkan hasil penghitungan di samping kanan bawah atau di samping angka Anda.
1.     Pilih sel yang berisi angka yang ingin Anda tambahkan atau hitung.
2.     Klik tombol Analisis Cepat di sudut kanan bawah pilihan.
3.     Klik Total, pindahkan kursor Anda di seluruh tombol untuk melihat hasil penghitungan data Anda, lalu klik tombol untuk menerapkan total.

















Tidak ada komentar: